Cerita Mahasiswa Pertukaran Universitas Brawijaya РProgram MBKM Pertukaran Mahasiswa tahun ini terasa sangat berkesan setelah ditahun sebelumnya program ini ditiadakan karena pandemi Covid-19. Belum sempat menikmati masa kuliah luring di kampus sendiri, perkuliahan luring semester ini langsung diadakan di kampus yang berbeda, perasaan campur aduk antara bahagia, cemas, hingga grogi dirasakan mahasiswa yang mengikuti program ini, namun dengan segala keterbatasan yang ada tidak menyurutkan semangat para mahasiswa ini. Kegiatan  pourhamrang.org perkuliahan dimulai pada tanggal 5 September 2022 hingga 15 Desember 2022

Berbagai persiapan pun dilakukan oleh mahasiswa yang lolos dalam program ini. Mulai dari mencari sewa kamar indekos hingga keperluan sehari-hari seperti beras, telur, mi instan dan keperluan lainnya. Suka duka dirasakan peserta MBKM pertukaran pelajar ini seperti saat kehujanan ketika akan memasuki kelas, gelap gelapan di warung kopi karena mati listirk hingga kamar yang kebanjiran karena atap plafon bocor, hingga menemukan tempat makan viral di media sosial Belum lagi cerita tentang kisah asmara dan pertemanan baru yang mereka dapat selama menjalani kegiatan perkuliahan.

Menjalani perkuliahan ditempat berbeda tentu saja menjadi tantangan tersendiri. Tantangan terbesar yang dihadapi para mahasiswa ini tentunya adalah lingkungan belajar yang terasa sangat berbeda. Bagaimana tidak, Universitas Brawijaya Malang adalah salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia dengan mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, tentunya hal ini membuat ruang lingkup mahasiswa di sana sangat multikultural membuat para mahasiswa yang menjalani program MBKM pertukaran mahasiswa ini harus berusaha beradaptasi dalam waktu yang singkat, belum lagi sistem perkuliahan dan cuaca kota Malang yang berbeda dari kota Surabaya. Itulah beberapa hal yang dirasa cukup berbeda oleh mahasiswa yang menjalani program MBKM pertukaran mahasiswa di Universitas Brawijaya Malang.

Baca juga: Kenapa Mesti Ada Sistem Ranking di Sekolah?

Namun dengan segala tantangan yang ada tentu saja akan mendapatkan hasil yang sepadan, hasilnya adalah mereka yang mengikuti program ini sudah cukup berkembang dengan proses adaptasi yang berat dan dalam waktu singkat. Pengalaman bergaul dengan teman baru, pengalaman belajar di kampus negeri terbaik, hingga menemukan cara untuk manajemen hidup adalah beberapa manfaat yang diperoleh mahasiswa yang mengikuti program ini. Diharapkan program program seperti ini akan terus ada agar mahasiswa dapat lebih mengembangkan cara belajar mereka, dengan itu, akan dihasilkan lulusan yang berkualitas dan tentunya berguna bagi kehidupan mereka kedepannya.

Akhir kata saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat hingga program MBKM pertukaran mahasiswa ini dapat terlaksana dengan baik tanpa kendala yang berarti.

admin Universitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *